diet supaya sehat :) mencoba diet OCD :)



entah saya harus mulai dari mana ceritanya :) soalnya sekarang keseringan ngoceh di twitter jadi agak susah menulis panjang di blog :) yang jelas saya akan bercerita tentang diet yang sedang saya jalani dan baru berlangsung 1 minggu, tepat di hari ini :) bisa dijadikan prolog, bisa dianggap alasan kenapa saya memutuskan diet ini dan bisa memang ini hanya sekedar sharing saja seperti biasa :)

diet apa yang sedang happening di masyarakat saat ini? tentu saja diet OCD ala deddy corbuzier :) diet dengan metode buka tutup jendela atau bisa disamakan dengan puasa dan atau konon istilah lainnya intermittent fasting; tapi jangan saya disuruh menjelaskan detil dengan semua ini :) saya hanya ingin sharing saja apa yang saya lakukan dan apa yang saya rasakan berkaitan dengan OCD :) maka secara teori silakan cari sendiri ya :)

pertama kali saya mendengar OCD atau diet ala Deddy Corbizier ya tentu saja dari acara acara dia, dan awalnya heran kenapa baju2nya si deddy ini tiba tiba tanpa lengan atau menunjukkan otot2 dan bentuk tubuhnya, lama kemudian saya baru tahu kalau itu berkaitan dengan diet yang dia jalankan :) singkat cerita saya kemudian berkeinginan untuk tahu, ingin belajar dan lain sebagainya, sampai saya tahu bahwa penjelasan tentang diet ini bisa di unduh di website secara gratis :) tapi you know lah betapa donlot mendonlot ini agak kucluk di rumah saya, maka saya memutuskan untuk mengamati twitternya dan tanya sana sini :)
dan ternyata oh banyak juga ya teman teman saya yang sudah mengamalkan diet ini :) maka saya hanya sampai pada pemahaman ada jendela 8, 6 dan 4 untuk diet ini, dimana itu saatnya kita makan dan diluar jendela yang 8. 6. 4 itu kita berpuasa, meskipun masih bisa minum air putih :) dan saya tertarik menjalankannya :)

saya mantap memilih diet OCD ini :) memulai dengan jendela 8, makan mulai jam 12 dan berhenti setelah jam 8 malam :) tanpa olah raga pun tanpa mengurangi makan, artinya semua ya seperti biasa saja :) kenapa begitu? ya karena saya memang maunya melatih diri dulu, membiasakan dulu dan ndak mau membebani diri saya dengan keruwetan aturan diet :) bukan apa apa, saya sudah sering menjalani diet dan kegagalan saya biasanya karena ada perasaan terpaksa, perasaan terkekang karena ndak boleh begini dan ndak boleh begitu :) yang jelas dan terpenting dari pilihan terhadap diet ini karena saya ingin belajar membiasakan minum air putih :) karena sejak kecil kan saya ndak terbiasa minum air putih :) saya memang sesekali masih minum air putih jika bertamu ke rumah orang untuk menghargai yang punya rumah :) tapi jika bertandang ke teman yang sudah dekat biasanya saya akan meminta supaya boleh bikin minum sendiri :)  karena meskipun saya ndak bisa minum air putih, saya juga ndak kuat dengan rasa manis :)

maka mulailah saya mengerjakan diet OCD ini :) dan hari ini sudah memasuki hari ke 7 :) lalu bagaimana dengan hari 1 sampai ke 6? awal awal saya memang masih kemaruk, masih takut lapar dan lain lain, maka saya pun melahap makanan banyak banyak dengan otak penuh ketakutan :) sampai saya kemudian berpikir, kenapa ketika puasa ramadhan saya bisa menghalau rasa takut lapar? apa bedanya? toh ini juga pelajaran mengekang nafsu? maka hari ke 3 dan seterusnya saya sudah mulai enjoy, saya makan kalau lapar dan berhenti makan saat jam menunjukkan ke angka 8 di malam hari, tanpa perasaan takut lapar tanpa perasaan getun eman eman dan perasaan duniawi lainnya berkaitan dengan makanan :) toh saya masih bisa minum air putih :)

maka hari ini saya sudah menjalani 7 hari diet, mungkin ada yang bertanya, sudah ada hasilnya mbak? maka jawaban saya : jika hasil yang ditanyakan adalah penurunan berat badan jawabannya jelas tidak :) timbangan saya tidak berkurang :) tetap ajeg hahaha, mungkin tubuh saya termasuk yang bandel ya, atau jangan jangan saya yang masih kurang mengurangi asupan makanan :) tapi kalau ditanya apakah saya akan meneruskan? jawabannya iya lah :) bagaimana saya bisa tahu ini sukses kalau saya hanya berhenti di hari ke 7 :)

lalu kalau ditanya : trus apa manfaatnya kalau timbangan ndak berkurang 1 gram pun? :) maka jawaban saya : manfaatnya banyak :) saya bisa belajar menahan emosi untuk tidak lapar mata, makan ketika memang lapar dan berhenti sebelum kekenyangan :) selain itu saya belajar disiplin waktu, jam 8 ya stop makan :) lanjut dengan air putih sampai keesokan harinya :)

tapi ada sih hasilnya meskipun kecil, sebelum saya berdiet saya sempat mengukur ukuran lingkar lingkar bagian tubuh saya, lha kok ya Alhamdulillah berkurang, meskipun cuma 1cm hahaha :) tapi ndak apa apa :) saya ndak kecewa kok :) dan saya memang harus lanjut dengan diet ini :) bukan apa apa ya... saya kepingin hidup normal dan mau minum air putih :) dan sekarang air putih di lidah saya sudah terasa lumayan, ndak membuat mual seperti biasanya :) ini merupakan suatu prestasi sendiri buat saya yang biasanya lebih baik minum air temu kunci, ketimbang air putih hahaha :)

maka saya cuma bisa bilang, jika anda ingin sehat, maka aturlah pola makan dan apa yang kita makan, mau bernama diet apa saja terserah, yang penting tidak ada keterpaksaan pada kita untuk melakukannya, dan yang terpenting ya meluruskan niat, supaya sehat :) karena menjaga kesehatan itu juga salah satu bentuk rasa syukur kita pada nikmat yang diberikan Allah pada kita :) bukankah rasa syukur itu juga termasuk merawat apa yang telah Allah anugrahkan pada kita? :) yaitu tubuh kita :)

happy happy diet day ya teman teman :)

yang butuh info bisa follow twitternya deddy corbuzier 
atau langsung klik website berkaitan dengan OCD disini :)