happy birthday to me !!!!


hari ini saya berulang tahun :) 
saya memang termasuk orang yang selalu mengingat hari kelahiran saya dan merayakan hari itu, meskipun dengan bertambahnya usia, saya lebih banyak merayakannya dengan cara saya sendiri :) yang jelas ada beberapa yang tidak setuju, tidak perduli atau tidak mau merayakan hari kelahirannya seperti orang kebanyakan yang merayakan berdasar pada kalender masehi, karena kan kita temui juga perayaan hari kelahiran dengan hitungan yang berbeda :) saya menghormati pilihan itu :) ndak ada masalah dengan perbedaan karena saya enjoy dengan perbedaan :) 

kalaupun kemudian saya menulis tentang saya dan peringatan hari ulangtahun, ini bukan berarti untuk mempertentangkan, saya hanya ingin memaparkan, inilah yang saya pernah alami dan yang ada dalam pikiran saya, sehingga anda bisa melihat cara pandang orang lain, yang mungkin sama, mirip atau berbeda :) yang jelas saya hanya sekedar menulis saja :) syukur syukur bisa memberi masukan :) 

maka tulisan ini akan dimulai sejak saya masih kecil :) dan sudah mengenal arti ulang tahun :) 
ibu saya merayakan ulang tahun saya sejak saya tahu dan mengerti apa itu ulang tahun :) dan itu adalah hal yang paling membahagiakan saya ketika kecil :) mungkin jika ingin ditulis dengan detail, saya bisa saja membuat buku "me and my birthday" hahaha cuma saya memang terkadang omdo :) ndak terlaksana, maka saya cerita saja secuplik secuplik saja disini :) 

ketika saya masih TK hingga SD klas 1, ulang tahun adalah saat yang menyenangkan :) karena saya akan menemukan kue tart, hadiah hadiah dan pesta yang dihadiri oleh teman teman yang saya pilih sendiri untuk datang, meskipun sering kali, ibu saya memberikan pertimbangan agar saya mengundang orang orang yang menurut ibu saya seharusnya ikut berbahagia di hari ulangtahun saya :) dan yang terpenting adalah saya bisa bernyanyi di depan teman teman saya :) seperti tampil didepan pendengar setia, saya akan membawakan lagu yang indah, dan seringkali tidak hanya satu lagu saja hahahaha :)

pun sama dengan saya, seminggu menjelang ulang tahun, entah itu ulang tahun saya atau kakak saya (kala itu adik saya belum lahir) saya akan menuju ke sebuah toko roti langganan ibu saya di daerah blok m untuk memilih kue ulang tahun saya :) jika yang berulang tahun adalah kakak saya maka saya akan memberinya kejutan dengan memilihkan kue untuk dia, dan jika saya yang berulang tahun, ya jelas saya yang memilih sendiri dengan spesifikasi tetap :) cake rasa moka dengan hiasan krim yang juga sebagian harus ada mokanya :) berbeda jika kakak saya yang berulangtahun. saya akan memilih kue kue yang menurut saya asyik, terkadang permintaan saya dijadikan tantangan oleh tante kue tart yang saya sendiri sudah lupa namanya :) saya pernah memesan kue yang berbentuk gitar atau kelinci, dengan embel embel, gitarnya harus berwarna lebih cerah dan kelincinya harus berbulu agak panjang hahaha :) 

tidak hanya sampai disitu, saya serasa menjadi event organizer :) dengan mengusulkan camilan apa yang akan dihidangkan, kue kue dan permen apa yang akan dijadikan hadiah :) dan lengkap dengan usulan topi topi dan goodie bag, yang tentunya saya buat sendiri dengan ibu saya :) selama seminggu saya akan sibuk membuat topi yang akan dibagikan, menuliskan nama nama undangan, (hingga saya hapal harus menuliskan "tiada kesan tanpa kehadiranmu" jika di undangan yang saya beli tidak mencantumkan kalimat itu hahaha)  membungkus kue kue dan permen dan membuat tas tas kecil dari karton untuk tempat kue kue yang akan dibawa pulang :) dan pada hari H saya akan terbangun dan melihat di meja ruang tamu telah tersedia biasanya 4 hadiah, dari mama 1, dari babe 1, dari kakak saya dan dari om saya :) lengkap dengan tanda tangan dan doa doa yang tercurah untuk saya :)

di usia saya yang ke 10, saya merasakan ulang tahun yang berbeda, selain sudah lama tidak dirayakan, suatu hari ayah saya berkata, bahwa di ulangtahun saya yang bertepatan dengan lebaran haji, bagaimana jika saya merayakan dengan cara yang berbeda... saya pun dijelaskan bahwa saya akan mendapat banyak sekali uang receh sebagai hadiah, tapi saya harus membaginya dengan semua anak yang saya temui hari itu :) saya pun mengiyakan tantangan itu, meskipun sempat terpikir bagaimana jika recehan itu habis? lalu saya dapat apa? :) tapi ternyata hari itu saya belajar bahwa ada kebahagiaan tersendiri ketika kita berbagi, menerima kado itu membahagiakan, tapi memberikan sesuatu juga tidak kalah membahagiakan :) dan hari itu dengan sisa uang receh di tangan, saya mendapat kejutan lain :) ayah saya sudah menyiapkan sebuah bungkusan yang besar, yang ketika dibuka, ada kaset bacaan al quran 30 juz lengkap dengan al quran dan terjemahannya, dan lagi lagi hadiah itu adalah hadiah yang boleh dinikmati oleh semua orang :) 

lama setelah itu saya tidak merayakan ulangtahun, saya dan kakak saya tinggal bersama nenek, dan ritual ulang tahun adalah naik becak menuju foto studio untuk kemudian fotonya dikirim ke ayah dan ibu saya :) tapi ibu saya tidak pernah absen dengan kartu ucapan lengkap dengan surat dan tanda tangan ayah dan adik saya, yang kadang pada kartu atau suratnya adik saya menulis "sebenarnya aku disuruh mama harus mengucapkan buat kamu...selamatnya seperti tahun lalu ya" hahahaha :) tapi semua membahagiakan :) dan selama tinggal di nenek saya, rasanya saya hanya sekali merayakan ulang tahun :) ketika berusia 17tahun, ibu saya datang membawa kado boneka garfield berwarna orange, dan saya masih ingat komentar ibu saya, kok kue kuenya onde onde dan jajanan pasar? saya menjelaskan bahwa saya ndak bisa menolak kemauan nenek saya :) yang sudah mau bersusah payah membuat onde onde dan jajanan pasar :) maka ulang tahun ke 17 saya kala itu sangat mengendonesia :) 

lalu ulang tahun berlalu begitu saja dari tahun ke tahun, saya merayakan dengan sahabat terdekat, dengan traktir sederhana, dan kado :) ya kado hanya dari sahabat tercinta saja :) saya memang mata kadoan :) dan banyak kado dari sahabat saya yang masih tersimpan di rumah mama saya :) 

ulang tahun memang begitu itu :) mungkin keriangannya hanya milik anak anak, meskipun dulu saya pernah merasakan kebingungan kenapa kita harus meniup lilin, dan bertepuk tangan ketika lilin sudah mati, kenapa bukan menyalakan lilin? tapi pikiran begitu tidak saya lontarkan karena kesibukan mempersiapkan ulangtahun sudah membuat hiruk pikuk pada hari hari saya pun memenuhi pikiran saya :)

sekarang ketika usia semakin bertambah, saya masih memperingati hari ulangtahun :) mengingatnya sebagai hari saya terlahir ke dunia berdasarkan kalender masehi, kalau ditanya apa yang saya lakukan di hari ulangtahun saya, ah saya mengenangnya dengan betapa Allah sudah sedemikian baiknya pada saya, begitu banyak anugrah yang telah Allah berikan, keluarga, orang orang tercinta, suami dan sahabat sahabat yang baik :) dan hari ini saya mengingat hari ulang tahun sebagai saat dimana seorang wanita yaitu ibu saya yang telah rela meregang nyawa untuk saya, saya mengenangnya sebagai tahun tahun perjuangan orang tua saya untuk membesarkan saya, dan saya saya juga berhitung betapa banyaknya kebahagiaan dengan suami saya pun sahabat sahabat saya :)

semoga doa doa yang tulus diucapkan akan berbalik pada yang mendoakan, semoga semua orang yang saya sayangi pun juga orang orang yang menyayangi saya, senantiasa dalam lindungan Allah, senantiasa dimudahkan jalannya dan berbahagia sebagaimana kebahagiaan yang selalu menyertai saya hingga di usia sekarang :)