petrus eko panunggal dalam kenangan



mendadak saya jadi teringat pada petrus eko panunggal, kami memanggilnya pak eko, dosen paling oke yang se oke okenya di jurusan saya, teknik perkapalan...

saya masih ingat, terakhir saya bertemu sebelum beliau terserang stroke, kami sempat berbincang, dan saya sempat bangga juga karena menurut beliau : "angkatan you lebih rajin dan masih mau latihan soal, angkatan adik adik you terlihat kurang semangat..." begitu katanya, saya kemudian menimpali, "iya pak karena saya ndak terlalu pintar makanya saya harus banyak latian soal.." lalu kami tertawa terbahak bahak bersama...dan berbincang tentang banyak hal...

kali lain, duluuuuu sekali, saat saya masih menjadi mahasiswinya, dan beliau sempat bertanya pada saya, yang memang agak seenaknya mengajak dosen mengobrol pun tanpa sungkan, "menurut you, saya mengajarnya bagaimana?" saya menjawab santai "bapak kalo ngajar enak pak, jelas saya mengerti maksudnya, nggak enaknya cuma kalau quiz saja pak, soalnya itu kok kayaknya ndak akan ada jawabannya...". Beliau tertawa dan berkata "ya you harus banyak latihan dan belajar, semua soal itu ya pasti ada jawabannya..."

pak eko adalah dosen yang akan meruwetkan mahasiswa ketika mereka mengambil tugas rancang dan mendapati beliau sebagai pembimbingnya, karena beliau adalah dosen yang perfeksionis, amat sangat bahkan... tapi itu semua terbayar karena tugas rancang itu dijamin data datanya dan bahkan kalau mau, data itu bisa digunakan untuk membuat kapal yang sebenarnya, karena angka angkanya harus masuk dalam batasan batasan nilai koreksi perancangan kapal :) bukan tugas ecek2 sekedar membuat asal mengerti caranya... masih saya ingat bahwa untuk setiap perhitungan beliau, pembulatan yang dibenarkan adalah 4 angka dibelakang koma... begitu juga dengan hasil akhir quiz2 yang harus cocok dan sama dengan hasil perhitungan beliau hingga 4 angka dibelakang koma :)

terlepas dari semua cerita ke-killer-an beliau, beliau adalah dosen yang paling menyenangkan, untuk kuliah FEM yg 3sks biasanya beliau memberikan jeda 10 menit ditengah kuliah untuk sekedar minum teh botol di kantin :) "silakan cuci muka, sepertinya wajah kalian sudah tampak mengantuk..." begitu beliau biasanya berkata,

hal lain yang membanggakan, beliau selalu hadir diperkuliahan dan siulan beliau di ruang kerja seringkali membuat saya bisa memastikan beliau sedang berada dalam ruangan :) dan jika beliau sedang bersama dengan dosen pembimbing tugas saya, biasanya saya memang memilih menghindar, takut beliau nimbrung bertanya tentang tugas yang saya yang sedang saya kerjakan, meskipun kenyataannya beliau memang ndak pernah cawe cawe atau ikut ikutan bertanya dan pada tugas mahasiswa bimbingan dosen lain :)

hal lain lagi? beliau memiliki postulat, yang dinamakan postulat panunggal berkaitan dengan tabrakan pada struktur kapal, begitu kalau saya ndak salah ingat... saya kebetulan mengetahuinya ketika sedang bertugas sebagai seksi acara seminar dan mengikuti pembacaan makalah milik beliau, dari bangku belakang saya lamat lamat mendengar beliau membaca : "hanya postulat panunggallah yang memperhitungkan..." dalam hati saya bangga, postulat panunggal, itu adalah hasil kerja kerasnya selama menimba ilmu di inggris,

maka beliau adalah salah satu dosen kebanggaan, kecintaan walaupun saya harus mengulang 3x untuk mata kuliahnya :) "you pasti luluslah, hanya perlu usaha lebih keras saja..." iya saya selalu ingat, ndak ada soal yang ndak ada jawabannya ya pak, mahasiswa ndak akan ndak lulus, hanya kurang usaha saja ya pak... :) dan hidup memang kadang lebih mudah ketimbang quiz fem meskipun open resume atau open book pak :)

selamat jalan pak eko, selamat jalan...

klang 9 september 2014