PIALA DUNIA 2006 - jerman kalah :(


saya yakin, di jerman... orang orang masih merasa tidak percaya atas kekalahan jerman, begitu juga saya, sedih juga rasanya, tapi ya sudahlah, menang atau kalah dalam pertandingan itu biasa...

bayangkan saya sudah mbelani buat pasang bel, tidur lebih awal, hanya untuk pertandingan ini, lalu saya pun mulai menikmatinya, mungkin pemikiran saya sama dengan orang orang lainnya, bahwa musuh terberat jerman di piala dunia kali ini adalah argentina, dan italy kelihatannya bisa dihadapi dengan baik, tapi saya merasa tenang-tenang saja, toh sudah masuk semi final, nggak terlalu malu-maluin sebagai tuan rumah... cuma ya senang juga kalo jerman bisa juara, mengulang kesuksesan der kaiser dan si klinsman tahun 90...

tapi mungkin italy lebih bersemangat untuk menang, karena tahun 90 lalu kan italy sebagai tuan rumah tidak bisa menjadi juara, dan jermanlah yang menggondol gelar juara itu... bukan ndak mungkin dendam untuk menang di jerman melebihi ambisi jerman sendiri untuk memenangkan pertandingan akbar ini...

sebagai pendukung fanatik (yang selaluuu saja memilih jerman sebagai jagoan, apapun yang terjadi) tentu saya merasa sedih, tapi bukan berarti saya menutup mata bahwa jerman agak sedikit kedodoran di menit-menit terakhirnya. mungkin jerman udah pd aja bahwa mereka akan menyelesaikan semuanya lewat adu pinalti... dan mungkin lupa, bahwa italy masih keukeuh berjuang sampai titik keringat terakhir agar mereka tidak harus adu pinalti.. bayangan adu pinalti dengan jerman pastinya bukan perkara gampang seperti membalikkan telapak tangan... dan itu lebih baik dihindari...

ketika del piero akhirnya turut dimainkan, sungguh saya kuatir, pemain bongkotan yang turun belakangan, kemaren kemaren sudah menunjukkan kalau mereka bisa membuat keajaiban, seperti toti, neuville dan terbukti del piero... sebelum tidur dengan rasa kecewa, saya sempat berandai andai, coba ollie diturunkan ya menggantikan lehmann sementara, meskipun ini adalah sebuah pengandaian yang mustahil, tapi namanya penggemar... berkhayal kan boleh juga sebagai upaya terakhir buat menghibur diri...

padahal saya ingin sekali jerman menang, bukan apa apa, bukan buat nyombong bahwa jerman yang terbaik, tapi lebih kepada, kemenangan jerman ini kan bisa menjadi momen, karena jika jerman memenangkan piala dunia, maka ini akan menjadi kemenangan jerman sejak jerman bersatu lagi...di negara mereka sendiri ...

tapi ndak apa apa, setidaknya saya pribadi bisa menghemat, karena kaos jerman saya masih bisa dipakai untuk piala dunia yang akan datang...4 tahun lagi, biar ajang sekarang si klose, podolsky dan pemain muda yang lain belajar, bahwa pertandingan selalu memiliki banyak kemungkinan dan peluang untuk memenangkannya, dan sebagai pemain, berwaspada memang harus dilakukan mulai awal permainan sampai peluit wasit menandakan semua usai...

(photo : Berlin July 4, 2006. fifaworldcup.com REUTERS/Arnd Wiegmann)

*sebelumnya pernah dipublish di blog "menulis kata" dikisaran th 2006